Kamis, 10 September 2015

Tips Hemat Untuk Yang Gajinya Minim

Banyak orang berfikir bahwa menabung adalah dikhususkan bagi orang yang memiliki kelebihan uang, padahal filosofi itu salah, justru jika mereka yang kurang mampu jika menabung masa depan mereka akan terpenuhi nantinya. Tapi anehnya banyak orang yang berpendapat seperti itu.
Ini tidak benar. Anda bisa mulai menabung dan menyimpan uang untuk masa depan mulai hari ini meskipun penghasilan tidak besar. Anda hanya perlu mengembangkan beberapa kebiasaan pengeluaran yang bertanggung jawab dan memotong pengeluaran yang tidak perlu.

Ada beberapa tips untuk Anda yang mau memulai menabung hari ini. Tanpa Anda sadari, jumlah tabungan lama-kelamaan akan bertambah banyak.

  1. Atur anggaran
    Dapat dipastikan, Anda tidak akan bisa menabung jika tidak punya rencana keuangan. Anda harus tau persis berapa banyak uang yang Anda gunakan untuk biaya hidup setiap bulannya.
    Jika sudah punya rencana, Anda bisa mengalokasikan uang untuk menabung dengan memotong anggaran yang dinilai tidak perlu.
  2. Pilih bank dengan benar
    Sebagai permulaan, Anda perlu memastikan telah memilih bank dengan benar untuk menyimpan uang. Perbankan kecil biasanya cenderung menawarkan tingkat bunga lebih tinggi dan memberikan beberapa fasilitas tambahan.
    Carilah peluang ini seperti mendapatkan bonus ketika membuka rekening. Ini merupakan awal yang menyenangkan untuk Anda terus menabung.
  3. Tabungan otomatis
    Tips ketiga agar Anda bisa tetap menabung meski gaji kecil adalah menggunakan layanan auto debit atau menabung secara otomatis. Ketika menerima gaji di awal bulan, maka perbankan akan langsung memotong dan memasukkan dalam tabungan sesuai jumlah yang Anda inginkan.
    Jika Anda berani menggunakan layanan ini, Anda akan terkejut bahwa ternyata kualitas hidup Anda tidak berubah meski gaji telah dipotong untuk ditabung. Tanpa disangka, Anda juga akan terkejut melihat jumlah tabungan setelah satu tahun.
  4. Berhenti makan di luar
    Saya juga kadang makan di luar sih, tapi paling sebulan 1 kali. Setiap Anda makan di luar atau di restoran, pada dasarnya Anda telah membuang uang sia-sia. Makan di luar memang enak dan menyenangkan, namun sadarilah ini sama sekali tidak menguntungkan.
    Menurut studi yang dilakukan seorang psikolog dari kansas State University, dari 1 persen orang yang menghabiskan uangnya, 30 persen di antara mereka menghabiskannya di restoran atau makan di luar.
  5. Nonton film di rumah
    Anda suka menonton film? Salah satu sumber pemborosan yang jarang disadari orang apalagi anak muda adalah menonton bioskop. Jika dihitung, biaya menonton bioskop cukup besar, apalagi jika nonton bersama keluarga atau pasangan.
    Tidak hanya itu, menonton bioskop biasanya juga diselingi dengan membeli makanan ringan dan minuman. Ini tentu menambah pengeluaran Anda.
    Menunggu beberapa minggu hingga DVD film tersebut keluar adalah cara paling tepat untuk berhemat karena jauh lebih murah. Anda tinggal beli DVD dan nonton bersama keluarga atau pasangan di rumah.
Itulah beberapa tips mengatur uang bagi orang yang berpenghasilan minim, semoga bermanfaat.

7 komentar

Jujur mas saya sering makan di luar karena tuntutan pekerjaan di lapangan ... Klo masalah ntn film mah bisa download gratisan di internet bisa ntn di rumah, hehehe

boleh juga mas tips nya :)

uang harus benar-benar dipakai untuk hal yang dibutuhkan bukan yang diinginkan

ya harus di rubah gan, biar tabungannya tambah banyak

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.
EmoticonEmoticon