Kamis, 23 April 2015

Ayo Kita Kenali Pendarahan Pada Menstruasi

Menstruasi adalah siklus bulanan yang dialami oleh para kaum hawa ini. Biasanya kalau anda menstruasi berapa hari? Setiap orang pastilah berbeda-beda masa waktunya. apakah Anda harus bangun setiap malam hanya untuk mengganti pembalut? Jika setiap menstruasi Anda harus bisa mengganti pembalut hingga sejam sekali, mungkin Anda mengalami Perdarahan Menstruasi Berlebih atau Heavy Menstrual Bleeding (Menorrhagia).
Menurut Profesor Obsetri dan Ginekologi dari Universitas Indonesia, Biran Affandi, sekitar 52 persen wanita tidak menyadari mereka mengalami HMB. Dalam praktek klinis, prevalensi HMB cenderung diremehkan karena hanya sedikit wanita yang mencari nasihat medis untuk kondisi ini. Akhirnya wanita hanya memiliki pilihan pengobatan prosedur bedah seperti histerektomi (pengangkatan rahim), ablasi atau reseksi (pengikisan) endometrium dan pilihan medis seperti obat antifibrinolitik (anti pembekuan darah), progestogen dan alat kontrasepsi lainnya.
Oleh karena itu, kata Biran, para wanita harus mengenal tanda-tanda HMB seperti:

  1. Menstruasi lebih dari seminggu
    "Mens normal itu umumnya 2-7 hari. Jika lebih dari seminggu atau 10 hari, dia akan berisiko mengalami anemia. Dari sini saja, seharusnya banyak perempuan memeriksakan dirinya," kata Biran saat ditemui wartawan, ditulis Rabu (22/4/2015).
  2. Darah yang keluar berlebihan
    Menstruasi darah berlebihan adalah sekitar ≥80 mL (1 sendok makan = 15 ml) atau menggunakan lebih dari satu pembalut setiap jam secara berturut-turut.
  3. Lemah
    Kenali tubuh Anda saat mens. "Waktu mens lemas kah? jika sudah menganggu aktivitas, ini menunjukkan perdarahan menstruasi berlebih dan Anda harus mendapatkan pertolongan medis."

Direktur Departemen Obstetri dan Ginekologi RS de la Santa Creu I Sant Pau, Barcelona, Prof. J. Calaf Alsina menambahkan, wanita yang mengalami HMB perlu memeriksakan diri. Karena HMB kemungkinan merupakan tanda ada masalah kesuburan. Misalnya, miom, atau masalah ovulasi yang menganggu kehamilan. Demikian semoga bermanfaat.
Thanks to: health.liputan6.com

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.
EmoticonEmoticon