Senin, 09 Maret 2015

Penyebab anak suka bolos sekolah

Mengapa anak sekolah jaman sekarang suka mbolos?
Salah satu kenakalan remaja anak sekarang adalah mbolos sekolah. Ya dimana-mana saat ini banyak sekali anak bolos sekolah, mereka tidak menyadari akan pentingnya belajar di sekolah. Lantas apa sih yang membuat mereka menjadi suka membolos? Berikut  ini adalah beberapa alasan mengapa anak sekolah sekarang suka membolos sekolah:
Kurang perhatian keluarga
Salah satu penyebab mbolosnya anak disekolah kurangnya perhatian orang tua di rumah, sehingga anak cuek saja terhadap taggungjawabnya di rumah dan di sekolah. Yang ada dalam benaknya hanya bermain-dan bermain terus, dengan teman sejawatnya yang kebetulan juga suka mbolos sekolah.

Broken Home
Penyebab lain anak suka membolos adalah adanya masalah dalam keluarga yakni adanya broken home atau karena kedua orangtua yang sudah bercerai, sehingga konsentrasi belajar anak buyar, sehingga melampiaskan dengan cara berhura-hura di luar sekolah pada saat jam pelajaran. Pada masa ini remaja sangat membutuhkan kasih sayang dan perhatian orang tua.

Pembelajaran dikelas yang kurang menyenangkan
Ketika anak belajar dikelas, dan guru hanya melakukan ceramah dalam pembelajaranya meimbulkan anak menjadi jenuh dan ngantuk apalagi ditambah kalau gurunya galak, dan tidak humoris sehingga timbul keinginan untuk mbolos. Bayangkan saja jika suasana di kelas dengan suasana diluar lebih asyik di luar, maka anak akan cenderung untuk bolos. 
Dengan adanya pembelajaran yang menyenangkan maka anak akan merasa betah dikelas, sehingga tidak ingin bolos belajar. Jadi saran saya untuk para guru sebaiknya buatlah suasana yang menyenagkan sehingga anak bisa senang didalam kelas dan selalu menjadi idola para murid.
Fasilitas anak yang berlebih
Faktor lain yang menimbukan anak menjadi membolos adalah adanya fasilitas anak yang berlebih, seperti mobil keren, motor keren, HP keren, perhiasan atau aksesories yang keren. Ini juga bisa menjadi pemicu anak menjadi suka membolos, karena anak suka dengan kegiatan main dan bergaya diluar sekolah sehingga anak menjadi bolos.
Kurang hiburan
Merasa boring (bosan) adalah wajar dialami oleh setiap orang termasuk pelajar, borong atau bosan juga bisa menjadi penyebab anak suka mbolos, biar tidak boring di dalam kelas/sekolah sebaiknya ubah pembelajaran jangan dikelas saja, jika bisa diluar kelas dengan cara berkunjung dan sebagainya.
Itulah beberapa penyebab anak atau remaja sekarang suka bolos,sebenarnya masih banyak lagi yang lainnya. Semoga bisa jadi perhatian untuk para orang tua dan para guru khususnya. Semoga bermanfaat.


Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.
EmoticonEmoticon