Sabtu, 15 April 2017

Cara Mencatat dan Meyimpulkan Isi Berita

Berita bersifat aktual dan terpercaya. Aktual artinya baru saja terjadi dan menjadi perbincangan khalayak. Sementara itu, terpercaya berarti dapat dipercaya kebenarannya, bukan imajinasi atau dibuat-buat. Berita biasanya diperoleh dari media massa. Media massa adalah sarana dan saluran resmi sebagai alat komunikasi untuk menyebarkan berita dan pesan kepada masyarakat luas. Bentuk media massa dapat dibedakan menjadi dua, yaitu media massa cetak dan media massa elektronik. Media cetak adalah sarana media massa yang dicetak dan diterbitkan secara berkala, seperti koran dan majalah. Media elektronik adalah sarana media massa yang mempergunakan alat-alat elektronik modern, seperti radio, televisi, dan film.
Hampir setiap hari kita disajikan berita, baik mulai dari media massa maupun dari media cetak. Dalam siaran berita di televisi, teks dibacakan oleh penyiarnya. Kita hanya mendengarkan saja. Agar dapat mendengarkan dengan baik, kamu perlu memiliki kemampuan untuk memahami secara cepat. Mengapa demikian? Sebab, berita ditelevisi dibacakan dengan kecepatan tinggi. Jika daya simakmu kurang baik, kaOmu tidak akan memahami isi berita yang dibacakan. Oleh krena itu, kamu perlu berlatih cara menyimpulkan isi berita yang diperdengarkan.
Ingatkah kamu cara menyimpulkan isi berita yang dibacakan? Ya, ada tiga langkah yang perlu dilakukan, yaitu mendengarkan berita dengan seksama, mencatat pokok-pokok isi berita yang dibacakan, lalu menyimpulkan berdasarkan pokok-pokok isi berita yang telah dicatat. Simpulan dari sebuah berita antara satu orang dan orang lainnya tentu intinya sama. Akan tetapi, redaksi dan diksi yang digunakan setiap orang tentu akan berbeda. Redaksi adalah cara dan gaya menyusun kata dalam kalimat, Sementara itu, ketepatan diksi akan membuat sebuah simpulan lebih menarik dan mudah untuk dimengerti.

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.
EmoticonEmoticon