Rabu, 17 Juni 2015

Tips Sahur Sehat

Bulan ramadhan sudah tiba, aktivitas malam hari menjadi bertambah, diantaranya adalah makan syahur. Dengan makan syahur yang berkualitas akan menjadikan ibadah puasa kita juga berkualitas, dalam hal ini badan jadi tidak loyo, lemas, letih,lesu dan juga haus. 
Biasanya pada awal bulan puasa bangun pagi terasa berat, ya kan. Saya juga loh!  Apalagi kalau Anda bukan tipe orang yang mudah bangun pagi, wah rasanya pasti akan sangat susah untuk bisa bangun lebih awal dari biasanya untuk makan sahur. Tapi ada tips-tips mudah yang bisa Anda ikuti untuk bisa tetap menikmati makan sahur sehat dan menjalani puasa dengan nyaman.
Seperti yang saya lansir dari vemale.com, ada 5 tips sahur sehat yang bisa Anda ikuti. 
  1. Makan Seimbang
    Menu sahur haruslah seimbang, kandungan karbohidrat, protein, dan seratnya harus sesuai dengan kebutuhan tubuh. Makanan kaya serat seperti roti gandum utuh, sereal tinggi serat, oatmeal, buah, dan sayur bisa membuat Anda kenyang lebih lama dan menjaga kadar gula darah lebih stabil. Makanan kaya protein seperti ikan, daging, susu, telur, dan yogurt butuh waktu lama untuk dicerna, sehingga Anda tak akan mudah merasa lapar. Puasa pun terasa lebih nyaman.
  2. Minum Air Putih Cukup
    Saat buka puasa dan sebelum tidur, minumlah air putih cukup. Tujuannya agar Anda terhindar dari dehidrasi saat puasa seharian penuh keesokan harinya. Saat sahur pun, jangan lupa untuk minum air putih ya.
  3. Mengonsumsi Kurma
    Kurma kaya akan gula, serat, karbohidrat, kalium, dan magnesium. Saat sahur, cobalah untuk mengkonsumsi sebutir kurma untuk kesehatan Anda.
  4. Mengontrol Nafsu Makan
    Nah, saat sedang puasa, biasanya kita akan mudah tergoda dengan berbagai jenis makanan. Dan ketika buka puasa, kita akan mencoba untuk "balas dendam" dengan menikmati semua makanan yang ada. Padahal hal ini bisa berakibat buruk untuk kesehatan Anda. Anda tetap harus mengontrol nafsu makan Anda. Makanlah makanan yang memang Anda butuhkan. Selain itu, kurangi konsumsi minuman berkafein, ya. Kafein merupakan diuretik sehingga mengonsumsinya malah bisa membuat tubuh kehilangan banyak air.
  5. Mengatur Jadwal
    Kalau Anda kesulitan bangun lebih awal untuk menyiapkan makan sahur, Anda perlu mengatur jadwal Anda lebih teratur lagi. Misal, Anda bisa menyiapkan makanan untuk sahur malam hari sebelumnya. Sehingga saat sahur, Anda tak terburu-buru bangun dan bisa tetap menikmati makan sahur tepat waktu.

Itulah kelima tips dari saya dan demi kelancaran puasa Anda, usahakan untuk tetap makan sahur, ya Ladies. Atur jadwal Anda dengan baik, pilih menu makanan dengan lebih tepat, dan selalu awali puasa Anda dengan niat ibadah. Maka, puasa akan terasa lebih nyaman dan nikmat. Selamat berpuasa.

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.
EmoticonEmoticon