Sabtu, 04 April 2020

Biografi abu jafar al mansur

Biografi Abu Ja'far Al-Mansur
Abu jafar Abdullah bin Muhammad al-Mansur adalah khalifah kedua Dinasti Abbasiyah, putra Muhammad bin Ali bin Abdullah bin Abbas bin Abdul Mutholib, dilahirkan di Hamayimah pada tahun 101 H. Ibunya bernama Salamah al-Barbariyah, adalah wanita dari suku Barbar. Al-mansur adalah saudara Ibrahim al-Imam dan Abu Abbas as-Saffah.

Al-Mansur memiliki kepribadian kuat, tegas, berani, cerdas dan otak cemerlang. Ia dinobatkan sebagai putra mahkota oleh kakaknya, Abu Abbas As-Saffah. Setelah as-Saffah meninggal, al-Mansur dilantik menjadi Khalifah, saat itu usianya 36 tahun. Al-Mansur seorang khalifah yang tegas, bijaksana, alim, berpikiran maju, baik budi, dan pemberani. ia tampil dengan gagah berani dan cerdik menyelesaikan berbagai persoalan yang telah melanda pemerintahan Dinasti Abbasiyyah.
Al-Mansur juga sangat mencintai ilmu pengetahuan. Kecintaannya terhadap ilmu pengetahuan menjadi pilar bagi pengembangan peradaban Islam di masanya. Setelah menjalankan pemerintahan selama 22 tahun lebih, pada tanggal 7 Dzulhijah tahun 158 H/775 M, al-Mansur wafat dalam perjalanan ke Mekkah untuk menunaikan ibadah haji, disuatu tempat bernama Bikru Maunah dalam usianya 57 tahun. Jenazahnya dimakamkan di Makah.

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.
EmoticonEmoticon