Sabtu, 21 Juli 2018

Langkah-langkah Meningkatkan Kesehatan Usus Kita

Usus merupakan salah satu organ vital di dalam tubuh kita, oleh sebab itu kita harus selalu menjaganya.

Usus memiliki peranan yang sangat penting seperti mengelola, menyerap berbagai kandungan nutrisi pada setiap makanan yang dicerna.

Dengan demikian, manusia mendapatkan berbagai kandungan nutrisi dan vitamin tinggi pada berbagai makanan dikarenakan bantuan usus.

Gangguan pada usus sendiri akan menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya, karena tubuh tidak mampu menyerap nutrisi pada makana dengan baik sehingga tubuh memiliki kecenderungan untuk kekurangan nutrisi tertentu.

Tubuh juga bisa mengidap berbagai macam penyakit berbahaya karena tidak mampu menghancurkan berbagai macam senyawa yang berbahaya seperti kolesterol jahat dll.

Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan kesehatan usus Anda, seperti dilansir laman MSN, Kamis (19/7).

1. Mengadopsi teman berbulu

Membesarkan anak Anda dengan hewan peliharaan lebih dari sekadar menyediakan teman bermain yang penuh cinta.
Hal ini bisa mengubah kesehatan usus anak Anda secara positif.

Penelitian menemukan dua jenis bakteri usus baik Anda lebih kaya dan lebih beragam pada bayi yang terpapar dengan hewan berbulu saat di dalam rahim dan setelah lahir.

Penelitian lain menunjukkan adanya bakteri ini berkorelasi dengan penurunan risiko obesitas dan alergi pada anak.

2. Mulai bergerak


Baru-baru ini, para peneliti mempelajari efek latihan pada komposisi mikroba usus manusia.

Tanpa mengubah diet mereka, non-exercisers (setengah di antaranya adalah berat badan normal, setengah lainnya obesitas) terlibat dalam olahraga teratur.

Setelah enam minggu, perubahan terjadi pada mikroba yang bisa menyebabkan berkurangnya peradangan di usus dan seluruh tubuh.

Para peneliti kemudian menguji peserta setelah enam minggu tidak berolahraga dan usus mikrobiota telah kembali ke tingkat awal mereka - menunjukkan bahwa manfaat bisa dicapai, tetapi untuk mempertahankannya, olahraga harus konsisten.
 
3. Dapatkan vitamin D
Sedikit sinar matahari bisa melakukan keajaiban untuk suasana hati Anda, tetapi dosis ekstra vitamin D juga bisa membantu usus Anda.

Dalam satu studi, pasien neurologi yang mengambil kombinasi vitamin D dan 100mg dari semua vitamin B mengalami peningkatan tidur, mengurangi rasa sakit, dan (tak terduga) resolusi masalah usus.

Penelitian, yang menempatkan vitamin D pada peta untuk mereka yang ingin meningkatkan kesehatan usus, menyarankan bahwa kombinasi suplemen ini menciptakan lingkungan usus optimal yang mendukung empat filum bakteri yang membentuk mikrobioma manusia normal, yakni Actinobacteria, Bacteroidetes, Firmicutes dan Proteobacteria.
Sorce: jpnn.com

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.
EmoticonEmoticon