Minggu, 23 April 2017

Fungsi Statistika dalam Program Microsoft Exel

Pengertian Statistik. Statistik adalah data berupa angka yang dikumpulkan, ditabulasi, dikelompokan. Kumpulan data ini dapat memberi informasi yang berarti mengenai suatu masalah atau gejala. Sementara itu, ststistika adalah ilmu yang mempelajari cara mengumpulkan, mentabulasi, mengelompokan, menganalisis, dan mencari keterangan data yang berupa angka.

Data-data yang dikumpulkan itu dapat diolah dan dianalisis dengan mengguanakan Microsoft Exel. Pada program Microsoft Exel terdapat fitur yang berfungsi untuk menyederhanakan perhitungan yang panjang dan rumit. Fitur ini dikenal dengan sebutan Functions. Functions atau fungsi adalah formula khusus yang telah disediakan oleh program Microsoft Exel. Fitur Functions dapat diaktifkan dengan mengklik ikon bInsert Functions yang terletak di kiri formula bar.

Beberapa fungsi dalam exel diantaranya adalah fuyngsi statistik, logika, database, dan matematika. Fungsi yang kita akan pelajari adalah fungsi statistik. Berikut beberapa fungsi statistik yang sering digunakan:
  1. Sum : menghitung penjumlahan data dalam suatu range.
  2. Average : menghitung rata-rata data dalam suatu range.
  3. Min : menghitung nilai terkecil data dalam suatu range.
  4. Max : menghitung nilai terbesar data dalam suatu range.
  5. Modus (Mode) : data yang paling banyak muncul dalam suatu range.
  6. Median : nilai tengah dari deretan nilai yang disusun secara urut, mulai dari data terkecil sampai data terbesar.

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.
EmoticonEmoticon