Selasa, 24 November 2015

Manfaat Menjauhi Facebook

Facebook merupakan media sosial yang sangat banyak sekali pennggunaya. Bahkan anak SD saja sudah ada yang memiliki akun Facebook. Saya sendiri punya 2 akun facebook. Tapi tahukah anda bahwa dengan kita menjauhi facebook akan berdampak terhadap kita. Lalu apa manfaat nya bgai kita yuk kita simak liputan berikut ini.
The Happiness Research Institute di Copenhagen, Denmark baru-baru merekrut 1.095 penduduk setempat untuk percobaan kecil. Hampir semua orang (94 persen) mengatakan mereka log in ke Facebook sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari mereka dan 86 persen mengatakan mereka sering melihat isi news feed mereka.

Para peneliti ingin tahu apa yang akan terjadi jika rutinitas sehari-hari terganggu, sehingga mereka meminta setengah dari peserta untuk berhenti menggunakan Facebook selama satu minggu, sementara separuh lainnya terus menggunakannya seperti biasa.

Inilah yang terjadi.
“Setelah satu minggu tanpa Facebook, kelompok pertama melaporkan tingkat signifikan lebih tinggi dari kepuasan hidup,” kata studi tersebut, seperti dilansir laman Glamour, Senin (23/11).

Pada skala 1 sampai 10 (10 adalah yang paling bahagia dengan kehidupan) kedua kelompok memiliki kepuasan hampir sama sebelum studi. Seminggu kemudian, kelompok yang berhenti menggunakan Facebook selama seminggu rata-rata memiliki 7,75 / 10 kepuasan hidup secara keseluruhan, sementara tingkat kebahagiaan dari kelompok yang terus menggunakan Facebook selama seminggu hanya sebesar 7,56.

Ada juga perbedaan penting dalam jenis suasana hati yang dialami pada akhir minggu. Mereka yang menggunakan Facebook lebih cenderung merasa marah, lebih mungkin untuk merasa kesepian dan lebih mungkin untuk merasa sedih.

Para peneliti percaya bahwa dorongan kebahagiaan adalah karena beberapa hal. Pertama, kelompok yang berhenti menggunakan Facebook lebih banyak menghabiskan waktu berhubungan dengan teman dan keluarga dalam kehidupan nyata dan menjalani kegiatan sosial lebih sering.

Kemudian kelompok yang berhenti menggunakan Facebook tidak harus berurusan dengan beberapa konsekuensi negatif yang bisa berasal dari media sosial.
Source: jpnn.com

3 komentar

Oh surveinya pada yang sering menggunakan facebook. Memang sih namanya medsos itu bisa membuat nyaman berlama" dengan dumay. apalagi kalau punya temen" dumay yang cakep" dan baik, so pasti akan trus dilingkaran dunia maya :D

Ya gan biar ilmiah dan jika yg jarang pake facebook susah pembuktiannya

rasanya susah utk move on dari facebook

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.
EmoticonEmoticon